News More on this category »
Software More on this category »
Tips and Trick More on this category »

Elementary OS, Ringan Bergaya Mac

Mac OS X adalah salah satu sistem operasi yang memiliki konsistensi desain dan estetika yang tinggi. Namun sayangnya kamu harus membeli Mac agar bisa menikmati OS tersebut. Jika kamu adalah pengguna Windows, maka kamu perlu membuat Hackintosh agar bisa menggunakan Mac di komputer kamu. Jika kamu tidak ingin melakukan keduanya, Elementary OS Luna sepertinya OS yang tepat untuk dicoba.
 

Elementary OS merupakan OS yang ringan, meskipun memiliki tampilan dan cara kerja yang mirip dengan Mac OS X, namun OS ini memiliki fitur yang banyak serta user friendly bagi kebanyakan pengguna distro ubuntu karena Elementary OS ini masih turunan Ubuntu. Distro Linux ini dibuat dengan konsep desain dan estetika yang konsisten.
screen1

Minimum System:
- 1 GHz x86 or amd64 processor
- 512MB of system memory (RAM)
- 5GB of disk space
- CD/DVD drive

Recommended System:

- 1 GHz x86 or amd64 processor
- 1GB of system memory (RAM)
- 15 GB of disk space
- CD/DVD Drive or USB port
- Internet access

User Interface
Dari dock dan top barnya, jelas terlihat Mac OS X memberikan pengaruh yang kuat kepada team desain Elementary OS.Di top bar bagian kiri terdapat menu Application yang disebut Slingshot. Klik pada menu ini untuk menampilkan daftar aplikasi yang ada. Kamu bisa menampilkan aplikasi dalam versi terkategori atau keseluruhan.
screen2
pada bagian top bar sebelah kanan terdapat  beberapa menu yang disebut Wingpanel. Disini akan ditampilkan beberapa icon aplikasi dan juga menu shutdown. Dibagian tengah top bar ada jam yang menampilkan waktu saat ini.
screen3
Dibagian bawah ada dock yang disebut Plank. Dock ini mirip dengan dock yang ada di Mac OS. Dock ini akan menampilkan aplikasi apa yang sedang berjalan serta menjadi tempat bagi shortcut aplikasi yang diinginkan.
screen4
Seperti halnya Windows 8.1, Elementary OS juga mendukung hot corner. Tetapi fungsinya dimatikan secara default. Untuk mengaktifkannya kamu perlu menuju ke System Settings dan menuju ke pengaturan Desktop. Setelah kamu aktifkan maka ketika mouse kamu berada diarea pojok tersebut maka aksi yg sudah kamu tentukan akan dijalankan.
screen5

Aplikasi
Elementary OS Luna dilengkapi dengan beberapa aplikasi bawaan seperti:
- Midori sebagai web browser.
- Noise sebagai music player.
- Geary sebagai email client.
- Shotwell sebagai foto manager.
- Totem sebagai video player.
- Empathy sebagai instant messenger.
- Scratch sebagai text editor.
- Pantheon Files sebagai file manager.
- Switchboard sebagai system settings.
- Software Center sebagai app store.

 
Tidak seperti file manager Linux dan OS lain yang cukup ribet, Pantheon Files sangatlah simple, bahkan tidak dilengkapi dengan menu settings. Namun demikian fitur file manager ini cukup lengkap. Ketika kamu klik kanan sebuah file, kamu bisa melakukan compress, send file via bluetooth, atau memberi warna pada detail nama file dan folder.
screen6
Karena Elementary OS Luna merupakan distro Linux yang berbasis Ubuntu, maka aplikasi di"software center"nya sama dengan yang ada pada Ubuntu. Ada berbagai macam aplikasi yang bisa kamu pilih dan kamu install.
screen7
Meskipun Elementary OS Luna memang mirip dengan Mac OS X secara konsep dan tampilan, tetapi OS ini tetaplah distro Linux dengan basis Ubuntu. Artinya cara pengoperasian dan ketersediaan aplikasinya sama dengan Ubuntu, dan yang jelas free OS alias gratis pada situs resminya http://elementaryos.org

Download : Elementary OS
Copyright © 2013. Palopo IT Community - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger